Tingkatkan Penghasilan Pertanian/Peternak , Pemdes Tapir Salurkan Bantuan Gunakan DANA DESA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Tingkatkan Penghasilan Pertanian/Peternak , Pemdes Tapir Salurkan Bantuan Gunakan DANA DESA

Sumbawa Barat, bidikankameranews.com

Dana Desa telah nyata membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar, terutama kaum petani dan peternak, apalagi bu-ibu. Dengan dana desa mereka mampu untuk budidaya hortikultura dapat menyediakan kebutuhan sayur-sayuran dengan harga terjangkau bagi masyarakat desa dan dapat mengurangi ketergantungan suplai dari luar daerah/Desa.

Manfaat lain termanfaatkaannya lahan tidur yang tidak dikelola, menjadi lahan pertanian produktif. Hal ini yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Tapir, Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, sejak Dana Desa digulirkan pada tahun 2015, telah mampu membawa perubahan peningkatan ekonomi, baik itu melalui pemberdayaan, bantuan-bantuan untuk petani maupun peternak.

Ke depan diharapkan kelompok tani di Desa Tapir dapat bekerjasama dengan BUMDesa dalam pemasaran dan penyediaan sarana produksi (saprodi) pertanian maupu peternakan serta mengelola pemanfaatan lahan kosong milik desa.

“Penggunaan dana desa untuk usaha produktif terbukti memberikan peluang kerja dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Penguatan ketahananan pangan dapat diperluas dan dikembangkan sebagai upaya antisipasi perubahan iklim dan krisis pangan dunia,” ungkap Zaenuddin SE kepala Desa Tapir kepada bidikankameranews.com

 

Pemerintah Desa (Pemdes) Tapir pada tahun 2022 ini melalui Dana Desa telah memberikan bantuan kepada para kelompok tani berupa alat tanam jagung, alat semprot hama, kepada masing- masing kelompok tani, dan juga akan diberikan mesin pencacah rumput kepada kelompok tani ternak, termasuk bantuan-bantuan sembako kepada keluarga harapan sejahtera.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan kepada Ketua-ketua Kelompok penerima bantuan., yang diserahakan secara simbolis oleh Kepala Desa Tapir Zaenuddin, disaksikan oleh babinsa dan babinkamtibmas desa setempat.

Penyerahan tersebut berlansung di Aula Kantor Desa Tapir dengan mematuhi Protokol Kesehatan yakni penerima bantuan diwajibkan memakai masker.

Zaenuddin SE kades Tapir mengatakan, saat menyerahkan bantuan tersebut meminta agar masyarakat penerima bantuan untuk menjaga dan merawatnya dengan baik dan tidak boleh salah menggunakan.

” bantuan mesin mesin tanam benih dan alat semprot hama kepada ketua kelompok tani serta bantuan alat mesin pencacah rumput kepada petani ternaka tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat apalagi dimasa pandemi Covid-19, dimana bagian dari perhatian pemerintah kepada masyarakatnya.

“Seluruh stakeholder harus bekerja sama. baik BPD, lembaga desa maupun masyarakat, harus bersinergi bersama pemdes untuk bagaimana menjadikan Desa Tapir untuk lebih baik lagi.” tegas Zaenuddin kepala desa Milenial ini.

Harapanya bantuan alat pertanian dan peternaka ini bisa mendorong Poktan Desa Tapir untuk lebih produktif dalam mengolah dan menyiapkan bahan-bahan bercocok tanam.

“Bantuan alat-alat pertanian dan peternakan pada Poktan dan kelompok tani ternak berjalan dengan baik, mudah-mudahan bantuan ini dapat dimaksimalkan fungsinya agar menghasilkan buah maupun hasil pertanian yang optimal” jelas Zaenuddin

Zaenuddin juga berharap, bantuan ini bisa membuat poktan semakin produktif dan bisa menghasilkan panen dengan kualitas tinggi. Pihaknya juga mengajak masyarakat gemar mengkonsumi hasil pertanian dari kelompok tani desa Tapir, agar pemulihan ekonomi dapat berjalan seimbang.

“Dengan adanya bantuan ini dapat memacu tingkat produktivitas petani hingga meningkatkan kualitas agar tidak bergantung pada hasil import” jelas Zaenuddin ( edi)

 

 


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Empang Sita Puluhan Botol Miras

Sab Sep 17 , 2022
Spread the love      Sumbawa Besar, bidikankameranews.com – Puluhan botol Minuman Keras (Miras) diamankan oleh polisi dari rumah warga Kecamatan Empang. Miras […]