Desa Jorok, Salah Satu Desa Cerdas Yang Memelihara Kebersihan dan Kearifan Lokal

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumbawa Besar, bidikankameranews.com –
Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa yang dipimpin oleh Rusman Akang sebagai Kepala Desa, ditetapkan oleh Kemendesa PDTT RI sebagai salah satu lokus Desa Cerdas dari 10 Desa di Kabupaten Sumbawa maupun Indonesia pada Fase I Tahun 2021.

Kepala Desa Jorok menyambut kunjungan Tim Kemendesa dan PDTT bersama Duta Desa Cerdas yang didampingi oleh Tim dari Dinas PMD dan Dinas Kominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, pada Rabu lalu (22/12/2021) di Kantor Desa Jorok.

Roman panggilan akrab Kepala Desa yang bersahaja ini menjelaskan kepada Tim Kemendesa dan PDTT bahwa Desa Jorok adalah DESA YANG BERSIH DAN SEHAT. Desa Jorok terkenal dengan Zona Hijaunya karena dikelilingi sawah dan lingkungan yang bersih dan sehat. Sehingga udara di Desa Jorok tetap segar dan bersih.

“Rutin, di Desa Jorok menjelang perayaan HUT Kabupaten Sumbawa maupun perayaan lainnya, kami menggelar Jalan Sehat di dalam lingkungan Desa, dimana masyarakat yang ikut berpartisipasi dibekali kantong agar dapat memungut sampah yang dijumpai selama jalan sehat”, ungkapnya.

Demikian pula, lanjutnya bahwa SUMBER AIR YANG JERNIH adalah salah satu ciri khas Desa Jorok. Wilayah desa ini memiliki lingkungan yang dialiri oleh jaringan irigasi yang memadai bahkan dapat mensuplai air untuk Kecamatan Sumbawa, Unter Iwis dan Labuhan Badas.

Dalam rangka menjaga kedamaian dan keharmonisan dalam masyarakat, PATROLI 3 PILAR Desa Jorok rutin mengadakan patrol, dengan semboyan “Sanyaman Tode, Tokal Batompok” bersama-sama menjalin koordinasi yang baik antara Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sehingga kondisi Desa Jorok selalu terjaga kondusif, ungkap Roman.

Menurut Kades Roman, Desa Jorok merencanakan menanam Kurma di areal Ex Perhutani sehingga nantinya akan menjelma menjadi “Desa Wisata Kurma” di Olat Ojong dengan Anggur dan Tanaman lainnya, serta dukungan alam pedesaan dan persawahan yang akan membuat para wisatawan merasa nyaman dan damai datang ke Desa Jorok.

Selain itu juga, BUMDes Desa Jorok kedepan tidak hanya fokus Simpan Pinjam saja tetapi akan dilakukan beberapa pengembangan usaha dengan menjalin kerjasama dengan pihak ke-3 yang berada di wilayah Desa Jorok seperti perdagangan beras dengan Pengusaha Beras 169, usaha Paving blok, sembako atau kebutuhan lainnya dengan PT. Unggul Raya Lestari.

“Oleh karena itu revitalisasi BUMDes akan terus dilakukan untuk mewujudkan peningkatan kapasitas pendapatan masyarakat maupun peningkatan kapasitas keuangan Desa”, terang Rusman Akang.

dikatakannya, bahwa salah satu yang mencerminkan Desa Cerdas adalah KAMPUNG SEHAT. Desa Jorok memperoleh Predikat Juara Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB Tahun 2021, dikarenakan Semua komponen masyarakat diikut sertakan dalam pencegahan penanganan Covid-19 serta Tingkat Vaksinasi penduduk telah mencapai 72,9 % pada Bulan September 2021.

“Kami yakin, dan akan terus berbenah untuk mewujudkan Desa Jorok sebagai Desa Cerdas di Indonesia maupun Sumbawa dengan dukungan dan stimulant program dari Kabupaten, Provinsi dan Pusat tentunya melalui Kemendes”, pungkas Kepala Desa yang murah senyum ini. (jim)

 


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPRD Sumbawa Minta Tinjau Ulang Rencana Kenaikan Tarif Penyeberangan Kayangan - Tano

Rab Des 29 , 2021
Spread the love       Sumbawa Besar, bidikankameranews.com – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq meminta kepada Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara […]