Mohamad Ansori Jadi Pembicara Seminar Entrepreneurship, Dorong Pemuda Berani Berwirausaha

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumbawa Besar, bidikankameranews.com –
Usia muda adalah masa yang paling tepat untuk mencoba beragam hal, tak terkecuali untuk merintis usaha. Mulai merintis usaha sejak usia muda, akan mempercepat sukses itu menghampiri. “Kuncinya ada pada keberanian memulai”.

Demikian disampaikan Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa Drs. Mohamad Ansori ketika menjadi pemateri dalam Seminar Entrepreneurship dengan Tema “Mengapa Harus Berwirausaha di Usia Muda?” yang diselenggarakan PMII Komisariat UTS, Minggu (28/11/2021) di lingkungan Kampus setempat.

Sebagai seorang politisi yang berlatarbelakang entrepreneur sukses, Mohamad Ansori dihadapan para mahasiswa memberikan “garansi”, betapa menjadi seorang pengusaha itu jalan tol menuju pencapaian yang namanya kesuksesan, apalagi memulainya sejak usia muda.

“Point plus bagi mereka yang berusaha lebih awal, biasanya akan menuai hasil lebih awal juga. Mereka yang berusaha lebih awal akan mampu menatap masa depan yang lebih baik, bukan hanya karena keberhasilan atas pencapaian pribadi, namun lebih dari itu keberhasilan bermanfaat bagi orang lain,” ujar Ansori memecut semangat para mahasiswa.

Menurutnya, hari ini peluang berusaha terbuka lebar dan semakin mudah. Terlalu banyak peluang sebetulnya, namun yang sulit adalah menghilangkan keraguan, karena belum benar-benar yakin tentang keuntungan berwirausaha.

“Ini yang perlu dipahami, bahwa kalau mau usaha, jangan ada ketakutan akan rugi atau bangkrut. Kemudian jangan pernah merasa tidak memiliki masa depan yang cerah ketika menjadi wirausaha, apalagi merasa bingung darimana memulai usaha. Gunakan dan manfaatkan semua perangkat pendukung yang ada di sekitar. Termasuk gadget pintar baca peluang. Keluhan orang lain sebetulnya adalah peluang bagi kita,” terangnya.

Pengusaha Rokok PS ini, juga mendorong para mahasiswa menjadi pengusaha yang inovatif (Inovatif Entrepreneur), yakni wirausaha yang terus berpikir kreatif dalam melihat peluang dan meningkatkannya. Bukan wirausaha reflika (Replicative Entrepreneur) yakni, wirausaha yang cenderung meniru bisnis yang sedang nge-trend sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan.

“Pahami setiap tindakan yang akan dilakukan, ikhlas, terencana, terkonsep dengan langkah dan strategi jitu, jangan sekedar iseng-iseng atau coba-coba. Peluang sukses selalu ada, kerja keras, lurus dan benar, cermat serta hemat,” jelasnya.

Namun demikian menurutnya, keberanian dimaksud bukan berarti keberanian tanpa ilmu. Karena berwirausaha itu juga harus memiliki ilmu. Penguasaan terhadap konsep manajemen adalah kunci sukses menjalankan bisnis atas dasar wawasan dan cara pandang ke depan yang akhirnya menjadi pilihan. Yakni mesti mengetahui teknik pemasaran, mengatur pos pengeluaran sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

Mereka yang sukses berwirausaha, adalah mereka yang memiliki visi misi, keterampilan, keyakinan, integritas dan komitmen moral yang tinggi. Yang paling penting, adalah tidak berdusta atau berbohong.

“Berwirausahalah sejak dini dan yakinkan dirimu, kamu mampu membuka jendela dunia dan membantu mengurangi kemiskinan. Yakinlah bahwa bisnis merupakan perintah tuhan dalam mencari nafkah sehingga dekatkanlah sikap dan tata cara bisnis anda dengan nilai-nilai spritual,” pesan Entrepreneur sukses Sumbawa ini mengakhiri materinya. (jim)


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPRD Sumbawa : Selamat dan Sukses Penganugerahan Kampung Sehat, Sumbawa Borong Juara

Sel Nov 30 , 2021
Spread the love       Sumbawa Besar, bidikankameranews.com – Program Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” berbasis lomba yang diinisiasi Polda NTB kini […]