Pembangunan Puskemas Jereweh Ditargetkan Selesai Akhir Tahun , Siap Digunakan 2022

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pembangunan Puskemas Jereweh Ditargetkan Selesai Akhir Tahun , Siap Digunakan 2022

Sumbawa Barat , bidikankameranews.com

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat membangun Gedung Puskesmas (PKM) baru di Desa Belo Kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat.

“Pembangunan Gedung Puskesmas Jereweh yang baru ini bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat bidang kesehatan,” tutur Henry Fitriawan S.KM.M.,KM Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat, kepada awak media, Rabu (8/12).

Lanjut Henry dalam pengerjaannya di tangani oleh rekanan CV Sinar Menara terhitung sejak bulan Juni Tahun 2021 dengan alokasi dana sebesar 7.2 Miliar,” terang Henry.

Dari pantauan media di lokasi, pembangunan Gedung Puskesmas Jereweh, cukup megah dengan titik lokasi sangat strategis bersebelahan dengan Gedung Serba Guna Jereweh yang saat ini di pergunakan untuk beraktivitas sementara Tenaga Kesehatan Puskesmas setempat.

Selain itu Gedung Puskesmas yang di bangun di atas lahan seluas 1.465 Meter Persegi ini yang terdiri dari lantai bawah dan atas, hasil pantauan media sudah sesuai dengan Prototipe Kementrian Kesehatan di rencanakan selesai pada 20 Desember 2021.

” Pembangunan Gedung Puskesmas Jereweh sudah sesuai Standar dan pastinya sudah memenuhi kriteria Prototipe yang di tentukan oleh Kementerian Kesehatan RI, Pada 20 Desember 2021 penyelesaian konstruksinya tuntas,” jelas PPK Henry Fitriawan S.KM.,M.KM

Henry memaparkan berdasarkan Permenkes Nomor 4 tahun 2019 tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan disebutkan bahwa standar pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat harus terpenuhi dalam pembangunan.

Selain itu, pada pasal 10 ayat (4) Permenkes Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat disebutkan bahwa Puskesmas harus memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan, ketenagaan, kefarmasian, dan laboratorium klinik.

“Maka untuk memenuhi kriteria dan prototipe yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, pembangunan Puskesmas jereweh mengalami perubahan desain rencana dan item pekerjaan,” papar Henry.

Harapan Henry dengan mengacu kepada prototipe dari Kemenkes RI, maka pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas jereweh bisa semakin meningkat dan baik.Yang jelas kita mengacu ke sana. Karena teknisnya semua kan harus berdasarkan aturan yang berlaku,dan di awal Januari 2022 Gedung siap di fungsikan ,” pungkasnya.(Red).


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Asyik Nyabu, Wanita Asal Pamanto dan Pria Asal Langam Diringkus Polisi

Kam Des 9 , 2021
Spread the love       Sumbawa Besar, bidikankameranews.com – Satuan Reserse Narkoba Polres Sumbawa meringkus wanita berinisial SE alias Noni (46 Tahun) […]