Peran Pasar Modal Syariah Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Peran Pasar Modal Syariah Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi

Dibuat pada platform desain oleh Fitriyatustany

oleh : Fitryatustany

bidikankameranews.com

Corona virus kini telah memberikan pengaruh yang besar pada Indonesia. Dampak yang diberikan sangat beragam, mulai dari sektor pendidikan, fashion, ekonomi dan lain sebagainya. Pada sektor ekonomi, corona virus telah memberikan pengaruh yang cukup besar pada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas masyarakat dalam ekonomi nasional. Salah penyebab dari perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional adalah menurunnya konsumsi rumah tangga. Konsumsi rumah tangga atau household consumption adalah kegiatan yang mengacu pada pengeluaran akhir rumah tangga untuk barang dan jasa. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi rumah tangga seperti pendapatan, suku bunga, inflasi, selera, preferensi dan lain-lain. Sehingga, saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, pemerintah membutuhkan strategi agar dapat menjaga stabilitas ekonomi. Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Saat ini, pemerintah terus menumbuhkan sektor investasi dengan menggunakan instrumen pasar modal. Oleh sebab itu, pasar modal menjadi instrumen yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia.
Pasar modal syariah adalah pasar modal yang seluruh mekanisme kegiatannya telah berbasis prinsip-prinsip syariah. Kedatangan produk syariah pada pasar modal Indonesia secara resmi pada 14 Maret 2003, dengan kesepakatan antara Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) dengan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI). Hal tersebut menjadi pijakan yang kuat untuk pengembangan pasar modal berbasis produk syariah. Pada saat ini, Lembaga Keuangan (Bapepam LK) berubah nama menjadi Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat OJK. Tugas dari OJK adalah sebagai otoritas yang membina dan mengawasi kegiatan pasar modal dalam berbagai kebijakannya juga aktif mendorong pengembangan produk syariah di pasar modal Indonesia (Fauzan, 2018).
Seiring dengan berjalannya waktu, pasar modal syariah terus berkembang di Indonesia. Perkembangan ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan muslim dalam berinvestasi di pasar modal berbasis syariah. Sebagai buktinya tercantum dalam Daftar Efek Syariah (DES), jumlah saham syariah cenderung mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang signifikan. Sebelumnya pada Desember 2020 terdapat 441 Efek Syariah, kemudian pada Desember 2021 mengalami peningkatan menjadi 494 Efek Syariah. Fakta tersebut, memberikan dampak yang positif kepada seluruh elemen baik itu pemerintah maupun masyarakat yang telah berkontribusi dalam perkembangan saham syariah di industri keuangan syariah Indonesia. Adapun yang dimaksud sebagai efek-efek syariah menurut Fatwa DSN MUI No.40/DSNMUI/X/2003 tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal mencakup Saham Syariah, Reksadana Syariah, Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragunan Aset Syariah, dan surat berharga lainnya yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
Perkembangan pasar modal syariah dalam pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti nilai kapitalisasi, nilai saham yang ditransaksikan dan indeks harga saham. Sementara itu, peran pasar modal syariah dalam laju pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh pada sektor makroekonomi seperti nilai tukar rill, produk domestik bruto, inflasi dan lain sebagainya. Peningkatan Daftar Efek Syariah menunjukkan kinerja yang positif dan memiliki potensi domestik yang besar dalam menjaga perekonomian Indonesia. Sehingga, besarnya peran pasar modal syariah dari tahun ke tahun mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.(*)


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang Ramadhan 1443 H , Polres Sumbawa Barat Rutin Gelar Patroli Tekan 3 C

Sen Mar 7 , 2022
Spread the love       Jelang Ramadhan 1443 H , Polres Sumbawa Barat Rutin Gelar Patroli Tekan 3 C Sumbawa Barat, bidikankameranews.com […]