ARUS BALIK LEBARAN H+5 Pelabuhan Poto Tano Terpantau Padat Merayap Namun Lancar

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sumbawa Barat,bidikankaneranews.com-Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriah telah usai. Kini, saatnya para perantau kembali ke tempat perantauanya, karena pada Selasa ( 16/04 ) Semua PNS, PARA SISWA, TNI, POLRI, BUMN serta Swasta Sudah kembali aktif beraktifitas setelah menjalani libur panjang lebaran

Arus balik Lebaran 2024 tak ubahnya seperti arus mudik, kendaraan roda empat dan roda dua kini memadati Pelabuhan Penyebrangan Poto Tano,Kabupaten Sumbawa Barat yang menghubungkan dengan Pulau Lombok.

Berdasarkan pantauan bidikankameranews.com pada Senin ( 15/04 ) pukul 10:00 Wib, arus balik di pelabuhan Poto Tano terlihat antrian Truk di pintu masuk area pelabuhan, sedangkan didalam area parkir pelabuhan Poto Tano dipadati oleh Mobil Penumpang dan Kendaraan Roda Dua ( R2 ). Tampak Kendaraan arus balik memadati jalur area parkir pelabuhan Poto Tano.

Kapolsek Pelabuhan Laut Poto Tano Ipda Nurlana mengatakan bahwa kondisi hari ini ( Senin 16/04 red ) adalah puncak arus balik, sehingga dilakukan sistim buka tutup agar tidak terjadi kemacetan pintu gerbang pelabuhan Poto tano.

“Tapi dari pagi petugas Lantas Polres Sumbawa Barat, TNI, Dishub, Dikes sudah siap siaga pada posisinya masing masing, petugas lantas siaga penuh mengatur arus kendaraan yang memasuki area pelabuhan , alhamdulillah lancar walaupun padat merayap ” kata Nurlana.

Diakui Nurlana bahwa Arus mudik H+5 lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M adalah puncaknya, sehingga penumpang di Pelabuhan Poto Tano membludak padat, namun tetap lancar dan aman ” katanya

Terlihat Antrean panjang kendaraan baik itu Truk, Tronton, mobil Pribadi, Bus, Mobil Mini Bus terlihat antrian yang panjang, sedangkan didalam area pelabuhan terpantau cukup padat, namun ruang tunggu penumpang yang disediakan pihak ASDP terlihat sepi.

Saeful Rahman.SH, Pengawas Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyebrangan Poto Tano dari Balai Pengelola Transportasi Darat ( BPTD ), menghimbau kepada penumpang, operator kapal maupun agen penjualan tiket untuk tertib dan mengikuti aturan demi kelancaran mudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

“Kita mengimbau agar penumpang tidak memaksakan diri untuk berangkat apabila kapasitas kapal sudah dalam keadaan penuh. Tertib mudik demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan kita bersama ingat keluarga di rumah,” imbaunya.

Saeful juga meminta kepada pihak operator kapal maupun agen penjualan tiket agar tidak menjual tiketnya apabila kapasitas kapal telah penuh dan diminta berkoordinasi dengan petugas di lapangan terkait kelancaran arus Balik lebaran.

“Jadi kita berharap agar bisa saling berkoordinasi apabila ada kendala, karena di pelabuhan juga ada posko yang sudah dibentuk. Mari sama-sama kita ciptakan mudik ceria mudik penuh makna,” ungkapnya.

Data arus balik penumpang dari tanggal 14/04 pukul 08:45 wib sampai tanggal 15/04 pukul 07:55 wib , bahwa yang berangkat dari pelabuhan Poto Tano Menuju Pulau Lombok, berdasarkan data dari BPTD Klas II NTB Poto Tano yaitu penumpang 11.481 jiwa , kendaraan R2 sebanyak 3.033 dan kendaraan R4 sebanyak 913 ( Edi )


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pastikan Kenyamananan Arus Balik H+5 Lebaran 2024, Kapolres Bersama Dandim 1628/SB Tinjau Pos PAM Pelabuhan Poto Tano

Sen Apr 15 , 2024
Spread the love      Sumbawa Barat,bidikankameranews.com -Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap.S.Ik.SH bersama Dandim 1628 / SB Letkol Octavian Englana meninjau Pos […]