Para Ketua Cabor Dorong Abdul Rafiq Maju Untuk Pimpin KONI Sumbawa

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  


Oleh : Jim Sujiman
Kepala Biro Sumbawa

Sumbawa Besar,
Bidikan Kamera News

Jelang berakhirnya masa jabatan Pengurus KONI Kabupaten Sumbawa pada bulan Mei 2023 mendatang, mulai hangat dibicarakan siapa figur yang akan menjadi penerus kepemimpinan KONI Sumbawa.
Pasalnya, Syamsul Fikri AR, S.Ag., M.Si tak lagi bersedia menjabat kembali, meski terbilang sukses memimpin KONI dengan prestasi yang gemilang.

Mantan Ketua Cabor Forki ini akan berkonsentrasi di DPRD Propinsi NTB, setelah menerima amanah sebagai Wakil Ketua I DPD Partai Demokrat NTB dan tengah mempersiapkan diri menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD NTB.

Sebagai penggantinya di KONI Sumbawa, mulai bermunculan sejumlah figur. Beberapa nama yang digadang diantaranya, Abdul Rafiq (Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa), Hj. Dewi Noviany S.Pd., M.Pd (Wakil Bupati Sumbawa), Drs. Mohamad Ansori (Wakil Ketua DPRD Sumbawa), Drs. H. Hasan Basri MM (Sekda Sumbawa), dan Varian Bintoro S.Sos., M.Si (Asisten I Sekda Sumbawa).

Disel sela tugas kerja di gedung parlemen, Senin (27/3) media ini menemui beberapa anggota DPRD yang kebetulan menjadi Ketua Cabor.
Diketahui bahwa ada sekitar 13 Cabor yang diketuai para anggota DPRD, antara lain PBSI (Abdul Rafiq), Persatuan Panahan Indonesia/Perpani (Muhammad Yamin), Persatuan Sepak Takraw Indonesia/PSTI (Mohamad Ansori), Persatuan Senam Seluruh Indonesia/Persani (Syaifullah), Persatuan Boxing Indonesia (Bunardi), Persatuan Atletik Seluruh Indonesia/PASI (Ahmadul Kusasi SH), Persatuan Bola Voly Seluruh Indonesia/PBVSI (Achmad Fachri), FORKI (Basaruddin),
Persatuan Kempo (Sri Wahyuni), Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia/PTMSI (Muhamad Yasin Musamma), Cabor Muathay (Nanang Nasiruddin), Silat/IPSI (Syahrul) dan PSSI (Hamzah Abdullah).

Ketua Perpani Sumbawa, Muhammad Yamin SE, M.Si mengatakan bahwa dirinya mendukung Ketua DPRD Abdul Rafiq maju dalam Pemilihan Ketua KONI Kabupaten Sumbawa. dirinya mengakui dan memandang bahwa Rafiq memiliki kemampuan dalam memenej olahraga. secara pribadi sudah berkecimpung di olahraga ini sejak remaja sekarangpun telah memimpin Cabor Bulu Tangkis dengan sangat baik. sehingga sangat jelas talenta dan visinya dalam bidang olahraga.

“jadi sudah merupakan hal biasa bagi beliau dalam mengorganisir olahraga, sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya dibidang olahraga. dari sisi kapasitas beliau untuk mengelola kebijakan-kebijakan di dalam KONI, beliau memiliki kemampuan dan memiliki konektivitas dengan kebijakan yang bisa dididekatkan dengan kepentingan olahraga secara menyeluruh di Kabupaten Sumbawa. yang paling penting adalah misi beliau ingin mengunggulkan olahraga bahwa kedepan itu perlu ada regenerasi atlet. itu visi yang visioner untuk Sumbawa ke depan. itulah yang harus disupport hingga kami para Ketua Cabor yang duduk di DPRD mendorong beliau untuk maju menjadi Ketua KONI”, harapnya.

“Kebetulan kami salah satu ketua cabor dari Perpani, ada juga dari boxing, senam, PASI, PSTI dan yang lainnya akan mendukung beliau demi membawa olahraga kedepan yang maju, kami pikir sangat pas untuk meneruskan kembali heroiknya ketua KONI sekarang”, tutur Yamin Abe.

Ditambahkan oleh Mohamad Ansori yang juga Ketua PSTI, dirinya menyerahkan hasilnya kepada para Ketua Cabor yang memiliki hak suara.

“Kita serahkan saja nanti hasilnya kepada Ketua – Ketua Cabor karena ini demokrasi. saya dalam pelaksanaan pemilihan siap-siap mendukung”, ucapnya.

di tempat yang sama, Syamsul Fikri menjelaskan bahwa dalam suksesi pemilihan Ketua KONI nanti, dirinya beserta seluruh pengurus akan mengagendakan buka puasa bersama dengan seluruh cabor yang ada. Ia menekankan bahwa pada pemilihan nanti betul-betul seperti konvensi yang dilakukan terbuka. Namun di lembaga DPRD ini sekitar 13 Cabor yang dipegang oleh anggota. baginya, jika Ketua DPRD maju dan didukung oleh anggota DPRD maka hal itu susah untuk dilawan. siapapun yang akan maju tentu akan melawan Ketua DPRD, hal itu akan berat ada juga dari luar DPRD yang akan maju seperti Wakil Bupati, tukas Fikri.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq yang dihubungi media memberikan tanggapannya terkait dengan dorongan dari beberapa Ketua Cabor. Baginya, jabatan Ketua KONI sangat berat dan mulia sehingga dibutuhkan kesungguhan dan keikhlasan untuk bersinergi membangun olahraga di Kabupaten Sumbawa.

“Saya memang dari awal tidak berniat untuk mencalonkan diri jadi ke calon Ketua KONI, tetapi karena ada diskusi-diskusi ringan yang kami lakukan dan ada sedikit harapan yang ingin didorong kepada saya. Kalau memang dipercaya oleh mayoritas cabor, ya…. kenapa tidak ?”, ucap Bang Rafiq.

Dikatakan Bang Rafiq, yang penting spirit. kita bersama-sama ingin memajukan olahraga di Kabupaten Sumbawa bukan karena ada kepentingan-kepentingan lain.ketika kita berbicara olahraga, lepas kepentingan politik, lepas kepentingan yang lain, fokus kita bagaimana memajukan olahraga di Kabupaten Sumbawa.

“kalau memang dukungan mayoritas, saya bismillah. tapi kalau enggak mayoritas saya enggak akan maju”, tutup Rafiq. (*)


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pria Pemilik 500 Butir Pil Tramadol di Dusun Sumer Payung Diringkus Polisi

Kam Mar 30 , 2023
Spread the love       Oleh : Jim Sujiman Kepala Biro Sumbawa Sumbawa Besar, Bidikan Kamera News – Tim Opsnal Satuan Reserse […]