Sukseskan Kampung Sehat, Kapolres Sumbawa Bersama Rumah Zakat Launching Berbagi Bibit Herbal

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Sukseskan Kampung Sehat, Kapolres Sumbawa Bersama Rumah Zakat Launching Berbagi Bibit Herbal

 

SUMBAWA BESAR,
bidikankameranews.com –

Kampung Pupinka menjadi Pusat Launching Berbagi Bibit Herbal di wilayah Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa.

Kegiatan yang digelar dalam rangka mendukung dan menyukseskan Kampung Sehat Jilid 2 ini dihadiri Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra SIK MH, Kadis PMD Varian Bintoro S.Sos, Kadis Pangan, Ir Syafruddin, Kasubag Humas Polres Sumbawa AKP Sumardi S.Sos, Koordinator Rumah Zakat NTB, Repi S, Ketua Forum Komunikasi Lintas Etnis (FKLE) Sumbawa, Agus, Kasi Sosmas Lurah Bugis, Euis Kurniasih SE, ibu-ibu PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dipilihnya Pupinka sebagai pusat kegiatan, karena telah merintis keberadaan kebun bibit herbal yang didukung penuh Rumah Zakat.

Sebelumnya juga Pupinka membidani lahirnya Kampung Hijau bekerjasama dengan RSU Sinar Medika Muhammadiyah Sumbawa.

Mengawali sambutannya, Koordinator Rumah Zakat, Repi S mengatakan bahwa Pupinka berdiri pada Tahun 2017 pasca banjir bandang yang melanda lingkungan setempat.

Keberadaannya di pinggir sungai menjadi keunikan bagi Pupinka yang merupakan singkatan dari Pustaka Pinggir Kali. Pupinka lahir dari keprihatinan anak muda setempat terkait kondisi lingkungannya.

Dibangunlah Pupinka untuk mendorong masyarakat gemar membaca, TPQ mengentas buta baca Qur’an dan kegiatan lainnya untuk membangkitkan kreativitas sekaligus merubah pola pikir masyarakat ke arah yang lebih positif.

Seiring berjalannya waktu, Pupinka berkolaborasi dengan Rumah Zakat untuk mewujudkan program desa berdaya. Salah satu program unggulannya adalah pangan lestari.

Ia berharap kehadiran Kapolres Sumbawa menjadi inspirasi dan pemompa semangat terutama bagi anak-anak muda untuk tetap berkonstribusi positif bagi masyarakat dan daerah.

Melalui kegiatan Rumah Zakat dan Pupinka akan mendukung penuh suksesnya Kampung Sehat yang dikongkritkan dengan menyumbangkan bibit tanaman herbal kepada masyarakat.

Sementara Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Sumbawa, Ir. Syafruddin mengapresiasi kegiatan tersebut dalam rangka mewujudkan Kampung Sehat. Ia salut dengan kiprah anak-anak muda Pupinka yang rela menyita waktunya untuk terus berkonstribusi dan berharap bernilai ibadah.

Dalam kesempatan itu, mantan Kadisnakertrans Sumbawa ini memuji kehadiran Rumah Zakat. Menurutnya kehadiran lembaga filantropi itu untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat. “Kami siap mendukung dan memberikan benih untuk bersama-sama mewujudkan kampung sehat, menurunkan angka stunting dan mencegah penyebaran covid,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra SIK MH menyampaikan terima kasih kepada Pupinka atas partisipasinya untuk bersama menyukseskan Kampung Sehat Jilid 2.

Kampung Sehat ini merupakan modifikasi program Polri “Kampung Tangguh” di NTB, dengan tiga elemen yakni kesehatan, pangan dan keamanan.

“Kami sangat apresiasi keberadaan rumah bibit yang diprakarasai Pupinka dan Rumah Zakat. Hanya kami ingatkan jangan seperti hujan sebentar berhenti, akan tetapi berkelanjutan dengan konsep yang sudah ada agar bisa lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Kapolres mengutip pesan Bung Karno. “Berikan saya 10 pemuda untuk mengguncang dunia. Pemuda menjadi tulang punggung dan estafet kepemimpinan di masa depan,” imbuhnya.

Karenanya melalui Pupinka dan Karang Taruna, dapat menularkan hal-hal positif kepada masyarakat dengan adanya kampung herbal ini.

“Semua diawali dengan niat yang ikhlas karena sebuah perjuangan tidak seperti membalik telapak tangan. Jangan pernah bosan atau sungkan berkomunikasi dengan siapapun. Paling penting jaga kesehatan, patuhi protocol kesehatan dan jaga keamanan,” pesan Kapolres.

Di akhir kegiatan, pemberian bantuan bibit dan masker oleh Kapolres Sumbawa dan Rumah Zakat kepada masyarakat setempat melalui Pupinka. (*)


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Miliki 4 Pocket Shabu, Tim Opsnal Polres KSB Bekuk Satu Pelaku

Sab Mar 27 , 2021
Spread the love      Sumbawa Barat,  bidikankamera.news.com Tim anggota Opsnal Satnarkoba Polres Sumbawa Barat berhasil mengamankan seorang diduga pelaku memiliki, menguasai Narkotika […]