Kondisi Setelah Merger Bank Syariah

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kondisi Setelah Merger Bank Syariah

Oleh Fitriyatustany

bidikankameranews.com

Pada awal Februari 2021, penggabungan tiga bank syariah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi dilakukan. Merger yang dilakukan antara Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah.

Kemudian, bank hasil merger memiliki nama baru yakni Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia Tbk merupakan suatu sistem perbankan yang operasionalnya berbasis syariat islam. Pada era pandemi, pertumbuhan bank syariah tetap mempertahankan eksistensinya di dunia perbankan.

Hal ini dikarenakan bank syariah merupakan salah satu sektor yang tetap stabil meskipun berada di era pandemi. Artinya, perkembangan bank syariah sangat menjanjikan di Indonesia. Sehingga, dapat dikatakan bank syariah turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat saat pandemi.

Adapun peran bank syariah meliputi restrukturisasi pembiayaan nasabah yang terdampak covid-19, pemberian bantuan kepada masyarakat, optimalisasi Corporate Social Responsibility (CSR), dan pelayanan perbankan melalui digital (Hafizd Zulfikar, 2020).

Hasil penggabungan dari tiga bank syariah akan berpengaruh terhadap pelayanan nasabah. Sementara itu, dilansir oleh situs resmi PT Bank BRI Syariah Tbk menjelaskan bahwa dana nasabah terjamin aman setelah dilakukan merger bank syariah BUMN.

Penggabungan bank syariah juga berpengaruh terhadap peningkatan rasio kecukupan modal, diversifikasi pendapatan, kapitalisasi modal dan peningkatan ukuran bank syariah. Oleh sebab itu, penggabungan bank syariah akan berkontribusi pada efisiensi dam stabilitas dari bank syariah.

Dalam penerapannya, bank syariah membutuhkan landasan hukum untuk operasionalnya. Hal tersebut tercantum pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah pada tanggal 16 Juli 2008. Kemudian, bank syariah juga membutuhkan strategi untuk dapat berkembang lebih baik dari sebelumnya.

Strategi yang dapat dilakukan seperti (1) proaktif dalam menyebarluaskan terkait bank syariah ke masyarakat luas, (2) meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah agar terciptanya bank syariah yang sehat dan kuat. Selain itu, ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan bank syariah di Indonesia (1) Potensi pasar yang besar sebagai negara dengan mayoritas muslim. (2) Banyaknya Lembaga Pendidikan yang membuka jurusan bidang perbankan syariah. (3) Adanya ekosistem berbasis syariah seperti masyarakat ekonomi syariah, masyarakat tanpa riba dan lain sebagainya. (4) Adanya landasan hukum sebagai penyokong eksistensi bank syariah yaitu UU NO.21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. (5) Adanya kebijakan memisahkan diri (spin off) dari bank konvensional dan konversi ke bank syariah. (6) Banyaknya inovasi produk seperti berbagai penerapan akad menjadikan banyak variasi produk pada bank syariah.

Sejak merger pada Februari 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) telah menghasilkan kinerja yang positif. Sebagai buktinya, BSI memperoleh laba bersih mencapai Rp 3,03 triliun naik 38,42% secara year to year (YoY). Semestara itu, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) terus mengalami peningkatan seperti pertumbuhan tabungan. Pada Desember 2021, tabungan wadiah meningkat signifikan hingga mencapai 15,30% secara YoY atau senilai Rp 34,10 triliun dengan total tabungan mencapai Rp 99,37 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 12,84%. Pada Februari 2022, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi menargetkan pertumbuhan pembiayaan 7 persen hingga 7,5 persen.

Kemudian, beberapa prioritas program yang dapat dilakukan agar target tersebut tercapai meliputi sektor infrastruktur, energi, dan kesehatan. Hal ini menunjukkan harapan agar bank syariah dapat terus memberikan kontribusi yang maksimum pada perekonomian Indonesia.

Sehingga, untuk mewujudkannya diperlukan kunci agar perbankan syariah dapat berjalan dengan baik meliputi sinergisasi dan kolaborasi dari berbagai ekosistem dan stakeholder.()


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peran Pasar Modal Syariah Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi

Sen Mar 7 , 2022
Spread the love      Peran Pasar Modal Syariah Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Dibuat pada platform desain oleh Fitriyatustany oleh : Fitryatustany bidikankameranews.com […]