Aplikasi Siskeudes , Mampu Kawal Dana Desa Lamusung

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Aplikasi Siskeudes , Mampu Kawal Dana Desa Lamusung

Sumbawa Barat, bidikankameranews.com

Pemberian dana ke desa yang begitu besar, jumlah pelaporan yang beragam serta adanya titik-titik kritis dalam pengelolaan keuangan desa tentunya menuntut tanggung jawab yang besar pula oleh Aparat Pemerintah Desa. Oleh karena itu Pemerintah Desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, dimana semua akhir kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan sehingga terwujud tata kelola pemerintahan desa yang baik (Good Village Governance).

Untuk dapat menerapkan prinsip akuntabilitas tersebut, diperlukan berbagai sumber daya dan sarana pendukung, diantaranya sumber daya manusia yang kompeten serta dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dan dapat diandalkan. Namun, hasil survei BPKP pada tahun 2014, menunjukkan bahwa pengetahuan perangkat desa sangat minim dalam hal keuangan desa.

Untuk itu Pemerintah Desa Lamusung Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat sejak tahun 2020 telah menggunakan aplikasi Siskeudes Online. Terobosan Desa Lamusing tersebut guna  memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini untuk mempermudah dan meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Kepala Desa Lamusung Surya Ratna mengatakan, aplikasi ini sangat memudahkan membuat pelaporan keuangan Desa guna meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang lebih baik dan sesuai aturan.

Menurut Ratna, Srikandi Kartini Desa Lamusung tersebut, bahwa Siskeudes Online  sangat membantu dalam pengelolaan keuangan desa dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. ” Alhamdulillah, semenjak menggunakan aplikasi Siskeudes, saya selaku kepala desa sangat tenang dan nyaman tanpa adanya rasa was – was tersangkut masalah hukum ” Katanya

Ratna juga mengatakan bahwa, Penggunaan aplikasi Siskeudes Online juga dalam rangka memenuhi salah satu indikator penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia bidang pencegahan terkait tata kelola keuangan desa tahun anggaran berjalan

Hal ini juga merupakan tuntutan di era digitalisasi serta untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, partisipatif, akuntabel dan disiplin anggaran.

” Desa Lamusung mengalami peningkatan kinerja dan terbaik dari tahun-tahun sebelumnya dalam pengelolaan keuangan desa ” urai Ratna

Hal itu dapat tercapai karena semakin baiknya sumber daya manusia aparatur desa, optimalnya tugas pendamping desa, berjalannya fungsi pembinaan dan pengawasan kecamatan. Pencapaian ini juga dinilai berkat peran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa Barat beserta organisasi teknis terkait.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa. Selain gratis, Siskeudes juga memiliki banyak kelebihan. Fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa dibuat sederhana dan mudah digunakan.

BPKP bersama Kementerian Dalam Negeri, sejak tahun 2015 telah melaksanakan bimbingan teknis dan sosialisasi untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola keuangan desa menggunakan Siskeudes. Saat ini, 69.875 dari total 74.957 desa telah mengimplementasikan Siskeudes.

Dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain:
1. Dokumen Penatausahaan:
2. Bukti Penerimaan;
3. Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
4. Surat Setoran Pajak (SSP);
5. Dan dokumen-dokumen lainnya
6. Laporan-laporan:
7. Laporan Penganggaran (Perdes APB Desa, RAB, APB Desa per sumber dana);
8. Laporan Penatausahaan (Buku Kas Umum, Buku Bank, Buku Pajak, Buku Pembantu, dan Register (edi)



Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cegah Penyimpangan DD, Tahun 2022 Desa Lamusung Kembali Gunakan Aplikasi CMS Corporate 

Rab Sep 14 , 2022
Spread the love       Cegah Penyimpangan DD, Tahun 2022 Desa Lamusung Kembali Gunakan Aplikasi CMS Corporate    Sumbawa Barat, bidikankameranews.com Pengelolaan […]